Fakultas Syariah laksanakan FGD Evaluasi Pelaksanaan Proses Pembelajaran dan Persiapan Perkuliahan Semester Gasal 2024/2025
Kamis, 22 Agustus 2024 – Fakultas Syariah IAIN Kudus mengadakan Forum Group Discussion (FGD) evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran dan persiapan perkuliahan untuk semester gasal 2024/2025 di R3 Fakultas Syariah IAIN Kudus. Acara ini dihadiri oleh Dosen Fakultas Syariah IAIN Kudus. FGD dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. Any Ismayawati, SH, MHum, yang memberikan sambutan penting terkait persiapan perkuliahan yang akan berlangsung pada tanggal 26 Agustus 2024.
Dalam sambutannya, Prof. Dr. Any Ismayawati menekankan pentingnya penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang matang. Beliau juga menyoroti perlunya pelaksanaan perkuliahan yang tidak hanya efektif tetapi juga aman dan bebas dari kekerasan seksual. Prof. Any Ismayawati mengingatkan agar seluruh dosen dan mahasiswa menjaga integritas dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Kemudian beliau juga meningatkan dosen untuk meningkatkan semangat kompetisi bagi mahasiswa Fakultas Syariah.
Setelah sambutan Dekan, Wakil Dekan I, H. Abdul Haris Naim, S.Ag, MHum, melanjutkan dengan pemaparan poin-poin penting terkait persiapan perkuliahan untuk semester gasal 2024/2025. Beliau menggarisbawahi beberapa hal krusial, antara lain: Dosen pembimbing diminta aktif untuk menghimbau mahasiswa agar menyelesaikan skripsi, selain itu beliau juga menekankan kepada dosen, agar meminta mahasiswa menjaga etika dan akhlak selama perkuliahan serta dalam proses bimbingan skripsi, serta mengingatkan dosen untuk selalu berkolaborasi dengan mahasiswa terkait penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), guna meningkatkan kontribusi akademik dan sosial Fakultas Syariah.
FGD ini bertujuan untuk memastikan seluruh aspek persiapan dan pelaksanaan perkuliahan berjalan dengan baik, serta untuk memfasilitasi komunikasi yang efektif antara dosen dan pihak fakultas. Dengan adanya diskusi ini, diharapkan semua pihak dapat bersinergi dalam menciptakan suasana belajar yang lebih berkualitas dan produktif.